Pages

Macam-macam bentuk pelanggaran dalam Permainan bola basket


Peraturan olahraga

Setiap olahraga pastinya memiliki peraturan tersendiri dan tidak boleh dilaggar begitu saja, dimana jika berbagai macam jenis peraturan olah raga tersebut pastinya akan mendapatkan sanksi tersendiri, terutama untuk para pemain ataupun tim tersebut yang melakukan pelangggaran. Salah satu permainan olah raga yang terbilang cukup banyak memiliki peratuuran adalah bol basket. Dimana olah raga yang paling banyak digemari oleh para remaja ataupun pria ini tentu saja memilki peraturan yang harus ditaati oleh para pemainnya, supaya permain tersebut bisa berjalan dengan lancar. 


Jenis pelanggaran olah raga bola  basket

Berikut kami akan mengulas beberapa info mengenai Macam-macam bentuk pelanggaran bola basket, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.
1) Foul
pelanggaran jenis ini sendiri adalah melanggar pemain lawan dengan posisi defence yang salah
2) Travelling
untuk jenis pelanggaran yang sering dilakukan berikutnya adalah travelling, dimana jenis pelanggaran ini sendiri pemain yang sedang memegang bola basket tersebut tidak melakukan drible bola dan 3 langkah, baik itu saat ia sedang berlari ataupun ketika ia sedang berjalan. Sehigga hal tersebut termasuk salah satu jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan.
3) Offensive foul
selanjutnya ada yang namanya pelanggaran offensive foul, dimana jenis pelanggaran ini dilakukan saat pemain menabrak tim lawan dalam keadaan hand up, sehingga hal tersebut juga termasuk dalam salah satu pelanggaran yang tidak boleh dilakukan.
4) Foul out
pelanggaran jenis ini sendiri terjadi saat pemain sudah melakukan 5 kali foul atau ia telah melakukan 2 kali technical foul didalam 1 kali pertandingn tersebut, dan jika pemain tersebut sudah melanggarnya maka ia akan dikeluarkan dari lapangan dan tidak boleh ikut pertandingan lagi.
5) Double dribble
pelanggaran yang selanjutnya adalah double dribble, dimana pelanggaran jenis ini dilakukan saat bola sudah dalam keadaan mati namun pemain tersebut masih melakukan kembali yang namanya dribble. Sehingga hal tersebut pun termasuk dalam pelanggaran.
6) Technical foul
pelanggaran jenis ini sendiri biasanya lebih secara tekhnis, dimana pemain mengumpat wasit, protes terhadap wasit, dan melakukan berbagai macam perbuatan yang tidak terpuji kepada wasit yang memimpin pertandingan tersebut.
7) Three second violation
jenis pelanggaran ini sendiri biasanya diberikan kepada pemain yang sedang berada dikey area selama 3 detik.
8) Offensive 3 second
pelanggaran ini terjadi saat pemain yang sedang berada di area dari tim lawan selama 3 detik ketika saat lawan sedang berada defense.
9) Back ball
pelanggaran ini terjadi ketika pemain yang sedang membawa boal basket tersebut malah kembali kedaerah pertahannya setelah ia sudah berhasil melewati garis tengah pada lapangan.
Cukup banyak sekali  berbagai macam jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan saat sedang bermain bola bakset ini, dan hal tersebut dilakukan supaya para pemain tetap sportif saat sedang bertanding.

0 Response to "Macam-macam bentuk pelanggaran dalam Permainan bola basket"

Post a Comment