Pages

Tips Memilih Sepatu Basket Yang baik dan Benar





Memilih Sepatu Basket sangat penting bagi pemain basket. Sepatu yang tepat dapat membantu risiko cedera dan meningkatkan pergerakan di lapangan. Berikut adalah tips yang bisa kamu pakai untuk memilih sepatu basket yang tepat.

Ukur Kaki Anda


Meskipun kamu sudah mengetahui ukuran sepatumu, tidak ada salahnya untuk mengukurnya kembali. Hal ini dikarenakan, bentuk kakimu bisa berubah seiring waktu (meskipun ketika kakimu sudah berhenti tumbuh). Mengetahui ukuran dan bentuk kaki sangat membantu untuk menentukan sepatu yang pas.
High Top, Mid Top, Low Top
Sepatu basket dapat dibedakan ke dalam tiga tipe: High Top, Mid-Top, dan Low Top. Tipe sepatu ini ditentukan oleh gaya bermain dan pilihanmu. Setiap tipe sepatu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, yaitu:
  • High topdari ketiga model, tipe ini adalah yang paling mempunyai perlindungan terhadap angkle, dan juga paling mempunyai stabilitas yang bagus. Akan tetapi, karena material tambahannya, model ini adalah yang paling berat. Jika kamu membutuhkan perlindungan extra untuk angkle dan stabilitas ekstra terhadap pergerakanmu, pilihlah model ini.
  • Mid topmodel ini mempunyai tinggi hanya sebatas angkle. Oleh karena itu, model ini masih memberikan cukup perlindungan untuk ankle. Karena modelnya yang lebih pendek dibandingkan high topmodel ini masih memberikan kebebasan untuk bergerak dibandingkan model high top. Sepatu ini cocok untuk all-around player dan pemula. Sepatu ini juga yang paling banyak pemakainya.
  • Low topkeuntungan dari model ini adalah yang paling ringan dari ketiga tipe sepatu. Teorinya, sepatu ini memberikan akses bagi pemain untuk bermain cepat dan lincah di lapangan. Akan tetapi, perlu dicatat, bahwa sepatu ini tidak memberikan perlindungan terhadap ankle dengan cukup baik.
Tentukan Tipe Permainanmu
Tipe pemain apakah kamu? Apakah kamu adalah tipe pemain yang suka cutting and slashing dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan? Atau apakah kamu adalah tipe pemain yang suka post-up/beradu badan dengan pemain-pemain big man? Menentukan tipe permainan adalah kunci dalam menentukan sepatu yang tepat untuk dipakai. Berikut adalah tipe permainan yang paling umum dan tipe sepatu yang paling tepat berdasarkan tipe permainan:
  •  Power PlayerSecara umum tipe permainan ini adalah yang paling banyak mengandalkan post-up. Beradu badan di area low post adalah hal yang biasa untuk tipe ini. Karena tipe permainan ini yang paling banyak mengandalkan kontak fisik dan loncatan, power player membutuhkan sepatu dengan stabilitas dan perlindungan extra. Berat tambahan tidak terlalu berpengaruh untuk tipe permainan ini. Oleh karena itu, sepatu yang paling cocok digunakan adalah High Top atau Mid Top.
  • Speedsterpemain yang cepat mengandalkan kecepatan dan kelincahan, jadi mereka tidak ingin adanya berat tambahan yang menahan permainan mereka. Oleh karena itu, Low Top adalah sepatu yang paling cocok mereka pakai.
  • All around playertipe permainan ini mengkombinasikan setiap aspek dalam pertandingan, baik itu post-up, slashing/ cutting. Oleh karena itu, tipe permainan ini membutuhkan sepatu yang punya kelenturan dan perlindungan yang baik. Mid Top adalah sepatu yang dapat menyediakan kebutuhan ini.
Utamakan Kualitas daripada Penampilan
Salah satu hal yang paling penting dalam memilih sepatu, pilihlah sepatu yang dapat memberikan kebutuhanmu. Bukan karena model atau warna sepatu. Seringkali pemain silau akan pilihan model dan warna yang menarik di toko sepatu. Menonjolah dengan permainan dilapangan, bukan sepatunya.
Another Tips For Choosing Basketball Shoes
Seperti disebutkan di atas bahwa pemilihan sepatu dalam bermain basket memegang peranan penting, karena ini akan mempengaruhi permainanmu nantinya. Akan tambah krusial sebab saat bermain kamu harus merasa nyaman terutama di bagian kaki, yang merupakan tumpuan utama. Jangan sampai jadi sering kalah karena salah pilih sepatu. No excuses, kamu harus pentingkan kualitas, jangan beli yang bajakan, mahal sedikit nggak apa-apa sejauh itu baik buat permainan basketmu.
Berikut adalah tips-tips memilih sepatu basket:
  1. Tahan Benturan
    Karena olahraga basket itu bersifat high intense, maka diperlukan sepatu yang bisa meminimalisir benturan. Kamu pasti sering melompat dan berlari, sehingga sepatumu harus bisa melindungi kakimu. Kalau tumitmu terasa sakit setelah bermain, bisa dipastikan kualitas sepatunya nggak bagus, bro.
  2. Bantalannya Bagus
    Ini menjadi sangat penting. Jangan sampai engkel atau lututmu terasa sakit setelah bermain basket. Sepatu yang bagus akan menentukan kesehatan persendian.
  3. Nyaman di Kaki
    Jangan mengenakan sepatu dengan ukuran sempit dan atau kebesaran, sebab ini akan menimbulkan risiko cedera. Pilihlah juga sepatu dengan ventilasi agar tidak panas ketika dipakai.
  4. Tidak Licin
    Pastikan dasar sepatu tidak licin untuk menghindari terpeleset jatuh saat bermain. Nggak lucu kan kalau kamu sering terpeleset terus salto, emangnya kamu lagi main sepak takraw? Hehehe..
  5. Responsif
    Kenakan sepatu dengan sol yang ringan, jangan terlalu berat agar tidak menghambat kelincahanmu di lapangan. Apalagi buat  yang doyan dribbling kesana kemari, pilihlah sepatu dengan potongan rendah dan tidak ber-sol tebal agar mobilitas terjaga.
Nah, semoga bermanfaat ya tipsnya.

0 Response to "Tips Memilih Sepatu Basket Yang baik dan Benar"

Post a Comment